DESIGN BLOG BY PANJI ABUJABBAR

Minggu, 04 Maret 2012

Pengertian BitTorrent Magnet Links



P2P = Peer to peer = dari rekan ke rekan
Siapapun yang mengikuti perkembangan BitTorrent telah melihat beberapa perkembangan menarik akhir-akhir ini, khususnya tiga teknologi baru telah keluar. Beberapa dari mereka, DHT, PEX, adalah cara-cara baru untuk menemukan peers/rekan-rekan (pengguna dengan salinan dari file yang ingin Anda download) tanpa bergantung pada sistem pelacak BitTorrent (bittorent tracker).

Magnet Links, adalah cerita yang berbeda. Ini telah ada sekitar selama beberapa tahun lalu, namun kebanyakan orang baru mengetahui ini, terutama sejak Pirate Bay menggunakannya. Dan sekarang, pengindeks BitTorrent pertama di dunia, yang hanya mengandalkan link magnet, telah muncul, dan semakin banyak orang mungkin bertanya-tanya bagaimana link tersebut bekerja dan apa keuntungannya daripada file torrent, yang masih digunakan secara luas?

1. Torrent' file


Selama bertahun-tahun, BitTorrent klien, pelacak dan indexers mengandalkannya. File torrent untuk menyimpan informasi pada file bersama dengan protokol P2P populer. File-file ini disimpan oleh situs pengindeksan dan digunakan oleh klien BitTorrent untuk terhubung ke situs pelacak. File ini memegang beberapa jenis data, sebuah URL dari situs tracker, nama untuk file-file itu bersama, serta kode hash file.
Semua ini digunakan oleh klien agar dapat terhubung dengan rekan-rekan yang memiliki file dalam torrent, atau sebagian darinya, dan juga untuk memastikan bahwa data yang didownload adalah akurat. Sistem ini memiliki beberapa kelemahan teknis, tapi salah satu yang terbesar adalah bahwa indexers BitTorrent harus menyimpan file-file torrent di server mereka, yang membuat mereka rentan terhadap ancaman hukum jika isinya kebetulan melanggar hak cipta meskipun tidak berisi data yang sebenarnya.

2. Magnet links


Magnet link meskipun hanya link, mereka tidak memiliki file yang berhubungan dengan hukum, hak cipta, dan sebagainya. Sebab  mereka hanya data. Link magnet adalah sebuah standar URI dikembangkan terutama untuk digunakan oleh jaringan P2P. Mereka berbeda dari URL, misalnya, mereka tidak memiliki informasi tentang lokasi sumbernya, tapi lebih pada isi dari file yang mereka link. Secara teknis, link magnet terdiri dari serangkaian parameter yang berisi berbagai data tanpa urutan tertentu. Dalam kasus BitTorrent, mereka memegang nilai hash dari torrent yang kemudian digunakan untuk menemukan salinan dari file di antara rekan-rekan. Mereka juga dapat menyimpan data nama file atau link ke pelacak yang digunakan oleh torrent. Anda dapat memeriksa entri di Wikipedia untuk penjelasan teknis lebih rinci.
Dengan link magnet, indexers BitTorrent tidak perlu menyimpan file apapun sama sekali, hanya beberapa cuplikan data saja, dan "aplikasi klien individu" yang melakukan tugas selanjutnya. Bahkan, link magnet dapat di-copy-disisipkan sebagai teks biasa oleh pengguna dan berbagi melalui email, IM atau media lainnya. Untuk situs indexer, menggunakan link magnet membuat lebih sulit bagi mereka untuk dituduh melakukan pelanggaran apapun di pengadilan.

Dengan Link Mangnet ini juga akan berpotensi membuat download lebih cepat karena memungkinkan klien untuk men-download dari rekan-rekan yang memiliki file identik meskipun dengan nama yang berbeda.
Lancar keterbatasan

Meski demikian, dalam prakteknya, karena teknologi ini masih dalam pengembangan,masih banyak dari klien BitTorrent besar tidak mendukung link magnet sama sekali. Setelah Pirate Bay memperkenalkan mereka, ini menjadi harapan bahwa pengembangan ini akan berhasil. Situs-situs Indexer belum menyepakati format link tunggal, jadi terserah kepada klien untuk menentukan pilihan antara menggunakan link magnet atau torrent. Dan bagi pengguna, dengan link magnet ini ada sedikit keterbatasan dibandingkan File torrent. Sebagai contoh, magnet link di Pirate Bay tidak memiliki data tambahan di torrent selain konten, sehingga ketika link dibuka di uTorrent, misalnya, torrent tidak akan memiliki nama atau daftar file di dalamnya.

Hal ini menyebabkan masalah kedua, tanpa mengetahui isi torrent, uTorrent mulai men-download langsung di lokasi default, mencegah pengguna dari memilih lokasi kustom atau memilih hanya beberapa file dalam torrent. Ini mungkin hanya sementara masih dalam set ulang, karena baru-baru ini telah diluncurkan TorrIndex, pengindeks bittorent pertama di dunia yang hanya menggunakan magnet link, dan memberikan daftar link yang memiliki informasi tambahan seperti tracker URL dan nama torrent itu. Dan dengan dukungan yang lebih luas dari klien BitTorrent dan indexers, link magnet pada akhirnya akan menggantikan file torrent lebih cepat dari yang diharapkan..

Beberapa klien BitTorrent yang paling populer yang mendukung link magnet,
Untuk Windows :
  • uTorrent tersedia untuk di-download di sini.
  • Vuze tersedia untuk di-download di sini.
  • BitComet tersedia untuk di-download di sini.
  • Ares tersedia untuk di-download di sini.

Untuk Mac OS X / Linux :
HAPPY
AND 
ENJOY

^_^



Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 komentar: on "Pengertian BitTorrent Magnet Links"

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentarmu, jika ada kesalahan pada artikel yang saya posting, atau ada link yang mati, dan jika ada saran untuk kemajuan BLOG ini, silahkan tulis komentar dibawah ini...
Komentar kalian sangat berarti bagi kemajuan BLOG ini...

Format untuk komentar :
1. Pilih profil sebagai Name/URL
2. Isikan namamu
3. Isikan URL (Blog/Website/Facebook/Twitter/Email/Kosongkan)
4. Isikan komentar
5. Poskan (Publish) komentar

Komentar "Anonim" tidak akan saya RESPON
Kecuali, jika setelah komen beri NAMA !
Agar saya bisa merespon